PROFILE YAYASAN GERAKAN PEDULI LINGKUNGAN PEKAYON

 

Yayasan GPL Pekayon

            Berawal dari inisiatif warga terutama ibu-ibu dan pemuda Pondok Pekayon Indah (PPI), ingin melakukan perubahan berupa lingkungan perumahan yang berkwalitas, maka tanggal 4 April 2003 kelompok tersebut membentuk komunitas Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan disekitar perumahan. Kegiatan yang dilakukan bermuara pada menularkan kesadaran dalam pengelolaan lingkungan.

            Setelah enam tahun komunitas tersebut berubah menjadi organisasi yang berbadan hukum, yaitu Yayasan Gerakan Peduli Lingkungan Pekayon (YGPL Pekayon) pada bulan April 2009 (Akte Pendirian No.01, tanggal 1 April 2009). Penguatan kelembagaan ini diharapkan dapat menambah kepercayaan dari pihak luar dalam membantu meningkatkan kualitas lingkungannya. Hal ini dilakukan agar warga di Perumahan Pondok Pekayon Indah (PPI) menjadi contoh warga yang berperilaku peduli terhadap lingkungan.

Lingkup kegiatan YGPL Pekayon ada 7 unit yaitu :

    1. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT / Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) yang merupakan unit kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat dalam bidang pemeliharaan serta peningkatan kualitas kesehatan lingkungan hidup. Gerakan ini mempunyai kelompok kerja yang bertugas dalam peningkatan kualitas SDM, pelatihan, pemilahan 3R/pengomposan dan penghijauan serta budidaya sayuran organik.
    2. TAMAN BACAAN MASYARAKAT dan PAUD adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan, sosial dan ekonomi.
    3. KOMPOS PEKAYON yang merupakan unit pengolahan sampah organik menjadi kompos yang berkuatitas. Memberikan pelatihan pembuatan kompos dan pupuk cair organik serta menjadi percontohan lokasi pengelolaan sampah organik.
    4. PERTANIAN KOTA / Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan unit rumah bibit yang mengelola bibit dan hasilnya akan disalurkan kerumah rumah anggota. Serta memberikan motivasi warga untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman sayur2an, obat2an, dan buah2an.
    5. BANK SAMPAH LESTARI merupakan unit yang memotivasi warga untuk mengelola sampah Anorganiknya. Membuat sistem kerja Pengelolaan  sampah anorganik secara komunal maupun individu. Menjadi contoh pengelolan Bank Sampah yang baik bagi masyarakat luas.
    6. KERAJINAN LIMBAH merupakan unit yang memotivasi warga untuk memanfaatkan sampah menjadi produk  kerajinan yang berkualitas sehingga mempunyai nilai  jual yang tinggi. Menyelenggarakan paket  pelatihan kepada masyarakat luas dan memproduksi aneka kerajinan dari kain perca, plastik, botol dan bahan2 lainnya.
    7. DUTA LINGKUNGAN / Block Leader mempunyai tugas untuk memotivasi warga khususnya di 4 RW ( RW 8 s/d 11 ) Pondok Pekayon Indah untuk peduli dan melakukan kerja nyata dalam memelihara dan meningkatkan kualitas lingkungan disekitarnya. Menjadi “kepanjangan” dari program Yayasan GPL Pekayon di tingkat RT/RW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *