KESEHATAN

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa mengonsumsi jeruk nipis dengan air hangat di pagi hari bisa membersihkan racun dalam tubuh. Benarkah demikian?

Menurut Emilia Achmadi M.Sc., Health Coach/Nutritionist, sebetulnya, fakta ini tidak 100% benar. Apabila air jeruk nipis ditambahkan air hangat, perusakan vitamin C dan bioflavonoid akan terjadi lebih cepat.

Memang, kebiasaan mengonsumsi air jeruk nipis (kalau tidak memiliki masalah lambung) memiliki benefit untuk menaikkan pH dalam tubuh, terutama urine, yang membuat ginjal dapat bekerja dengan lebih baik untuk mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Vitamin C dan bioflavonoid memiliki manfaat untuk memperbaiki daya tahan tubuh, antioksidan, dan mencegah munculnya kanker. Selain itu, vitamin C adalah salah satu komponen untuk pembentukan kolagen secara alami dalam tubuh.
P

Awali Pagi Hari dengan Jeruk Nipis Hangat, Ini 8 Manfaatnya

Minum segelas air hangat dengan perasan jeruk nipis di pagi hari bisa menjadi cara terbaik untuk kesehatan Anda. Cara ini sederhana namun penting karena bisa membantu Anda memulai aktivitas Anda.

Beriku 8 manfaat luar biasa dari minuman air hangat dengan jeruk nipis hangat seperti dikutip Magforwomen, Senin (21/1/2013).

1. Meningkatkan pencernaan Anda

Air hangat dengan tambahan perasan jeruk nipis baik untuk proses pencernaan. Ini merangsang dan mengaktifkan seluruh proses, sehingga membantu Anda tetap sehat dan aktif.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk nipis kaya akan vitamn C yang menawarkan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan penyakit umum lainnya. Dengan sistem kekebalan tubuh yang fit, tubuh Anda terlindungi dari infeksi dan penyakit.

3. Membantu dari sembelit

Membiasakan diri minum air hangat dengan perasan jeruk nipis menyingkirkan sembelit dan masalah gastro lainnya. Air jeruk hangat akan merangsang dan mengatur gerakan usus Anda sehingga menyembuhkan dari semua rasa sakit dan trauma yang berhubungan dengan sembelit.

4. Agen pembersih alami

Jeruk nipis hangat bisa membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh dengan membuang semua racun berbahaya yang terakumulasi di tubuh. Ini membersihkan sistem Anda, membuat Anda lebih sehat dan segar.

5. Bagus untuk kulit

Efek menghilangkan racun dari tubuh juga bisa membuat kulit menjadi terlihat cerah. Vitamin C dari jeruk nipis membantu Anda terlihat lebih muda.

6. Melawan penuaan

Jeruk nipis memberikan Vitamin C yang bertindak sebagai antioksi dan alami. Ini menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit Anda. Dengan minum jeruk nipis hangat memastikan Anda melawan kerutan akibat penuaan dini.

7. Hidrat sistem Anda

Air adalah obat mujarab yang yang memberikan keajaiban di tubuh. Minum air hangat dengan manfaat tambahan dari jeruk nipis memastikan sistem Anda tetap terhidrasi.

8. Membantu menurunkan berat badan

Pengamat berat badan sering merekomendasikan agar memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat. Selain memberikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga menyediakan serat dan vitamin C yang membantu menurunkan berat badan.

Tips Praktis Hilangkan Ketombe dari Rambut

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain digunakan untuk penyedap makanan jeruk nipis bisa menyembuhkan berbagai penyakit banyak antara lain:

  1. Ambeien
  2. Amandel
  3. Anyang-anyangan
  4. Batuk
  5. Batuk disertai influenza
  6. Bau badan
  7. Batu ginjal
  8. Difteri
  9. Demam
  10. Haid tidak teratur
  11. Jerawat
  12. Radang tenggorokan
  13. Tekanan darah tinggi
  14. sakit gigi
  15. Pegel Linu
  16. Terkilir

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain: menghilangkan jerawat, membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut dan berkilau, dan dapat menghilangkan ketombe.

Siapkan dua sendok perasan jeruk nipis lalu usapkan ke bagian kepala hingga bagian terdalam. Diamkan selama lima menit lalu bilas dengan air. Lakukan secara berkala agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Setop Membuang Kulit Pisang. Berikut Alasannya

Selain dagingnya, ternyata kulit buah pisang memiliki manfaat besar lainnya.

Selain dagingnya, ternyata kulit buah pisang memiliki manfaat besar lainnya.

Pisang adalah salah satu buah yang sangat populer. Selain dapat dikonsumsi apa adanya, buah pisang juga dapat dijadikan bahan campuran minumanmilkshake, es krim, bahkan cokelat. Namun yang tidak banyak diketahui adalah manfaat dari kulit pisang yang seringkali langsung dibuang.

Ternyata kulit pisang dapat dimakan dan sangat baik bagi Anda. Dilansir dari elle.com, Jumat (29/4/2016), menurut Business Insider, di beberapa negara seperti India selama beberapa dekade terakhir kulit pisang sudah dikonsumsi dan dirasakan manfaatnya.

Ini mungkin masih terdengar aneh, karena Anda terbiasa memakan daging buah pisangyang lembut dan manis. Sebaliknya, kulit pisang terasa tebal, berserat, dan pahit. Namun, ternyata kulit pisang juga dapat disajikan sebagai smoothie, digoreng, dipanggang, atau direbus bersamaan dengan dagingnya.

Menurut ahli gizi yang berasal dari San Diego Laura Flores kepada LiveScience, kulit pisang kaya akan vitamin B6, B12, magnesium, dan kalium. Tidak hanya itu, seratnya juga mengandung banyak protein.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 membuktikan bahwa kulit pisang ternyata dapat digunakan untuk melakukan penjernihan air. Tidak hanya itu, sisi baik lainnya adalah dengan menggunakan kulit pisang untuk menjernihkan air, jadi kamu tidak memerlukan bahan kimia.